Khutbah Idul Fitri: Rahasia Dalam Islam

Kata9.com- Makna Islam sebagai agama yang baik, santun bertoleransi, apakah anda tahu Rahasia dibalik Agama Islam, simak khutbah idul fitri berikut ini:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اللهُ أَكْبَُر 3                 اللهُ أَكْبَرُ3                      اللهُ أَكْبَرُ3
كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كثَِيْرًا. وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً . لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ. وَلَوْ كَرِهَ اْلكَافِرُوْنَ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. اللَّهُ أَكْبَرْ وَلِلَّهِ اْلحَمْدُ.
الْحَمْدُ لِلَّهِ اّلَذِيْ أَنْعَمَ عَلَيْنَا بِنِعْمَةِ الِإيْمَانِ وَالِإسْلَامِ.
الَّذِي جَعَلَ اْلعِيْدَ ضِيَافَةً وَكَرَامَةً لِلْأَنَامِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. وَأَشْهَدُ أَنْ سَيِّدِناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. الَّنِبيِّ الَّرؤُوْفُ الَّرحِيْمِ.
الَّلهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ اِلَي يَوْمِ الدِّيْنِ .
أَمَّا بَعْدُ ! فَيَا عِبَادَ اللهِ . اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ .

Kaum Muslimin Jama’ah Shalat I’dul Fitri yang di mulyakan Allah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, pada kesempatan yang cerah ini, marilah kita bersyukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmatnya kepada kita, yaitu nikmat kesehatan jasmani dan rohani, dan nikmat panjang umur. Sehingga kita bisa bertemu dan bertatap muka dalam rangka menjalankan Sholat I’dul Fitri. Mudah-mudahan sholat kita, puasa kita diterima oleh Allah SWT.

Kaum Muslimin yang dimulyakan Allah.

Pada kesempatan ini marilah kita berusaha menjalankan perintah-perintah Allah. Dan berusaha meninggalkan larangan –larangan Allah .
Dengan bekal taqwa inilah kita akan mendapatkan keselamatan di dunia sampai di akhirat.
Yang di maksud kita berusaha menjalankan perintah-perintah Allah . adalah kita mau menjalankan untuk Islam.
  1. Membaca dua kalimat syahadat
  2. Mengerjakan sholat
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Menjalankan puasa Ramadhan
  5. Haji bagi yang mampu.
Selain kita berusaha menjalankan perintah-perintah Allah. Kita berusaha meninggalkan larangan –larangan Allah.
Larangan-larangan Allah itu semuanya mengandung bahaya apabila di kerjakan kemudian apa yang di maksud larangan –larangan Allah, yaitu M 5:
  1. Moh main
  2. Moh Maling
  3. Moh Minum
  4. Moh Madon
  5. Moh Madat

Hadirin jama’ah sholat I’ dul fitri yang di mulyakan Allah.

Ada Empat rahasia Allah dan semua manusia tidak ada yang tahu.
  1. Bahagia
  2. Sengsara
  3. Rizki
  4. Umur
1. Bahagia, bahagia itu akan dirasakan oleh orang –orang yang taat kepada Allah SWT dan taat kepada rasulnya, baik di dunia maupun di akherat, kemudian siapa mereka itu ? mereka itu adalah orang-orang yang beriman  kepada  Allah SWT dan yang mengerjakan amal Sholeh.
Sebagaimana firman Allah di dalam surat Al- bayyinah  ayat 7 dan 8 :

إِنَّ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا وَعَمِلُوْا الصَّالِحَاتُ أُوْلَئِكَ هُمْ خَيْرُ البَرِيَّةِ جَزَاءُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٍ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَارِ خَالِدِيْنَ فِيْهَا أَبَدًا رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ذَلِكَ لمَِنْ خَشِيَ رَبَّهُ.

Artinya ;
 sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga Adn yang mengalir di bawahnya sungai- sungai mereka kekal di dalamnya selama-selamanya Allah ridho terhadap mereka dan merekapun ridho kepadanya yang demikian itu adalah balasan bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

2. Sengsara –sengsara itu bisa di artikan orang yang kena musibah atau ujian musibah itu akan menimpa kepada siapapun yang di kehendaki oleh Allah SWT termasuk musibah yang menimpa saudara –sauara kita di Aceh. Akan memberikan dampak yang baik apabila di tanggapi dengan positif thingking.

Firman Allah di dalam surat Al- Baqoroh ayat 216

وَعَسَي أَنْ تَكْرَهُوْا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌلَّكُمْ وَعَسَي أَنْ تُحِبُّوْا شَيئًا وَهُوَ شَرُّ لَّكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ .
Artinya :
 Boleh jadi kamu membenci sesuatu , padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.

Prof. Dr. Buya Hamka, seorang ulama terkemuka, di negeri ini, telah menjabarkan makna musibah dengan dua pertanyaan, apakah peristiwa ini merupakan ujian atau suatu peringatan dari Allah SWT bila itu ujian, maka akan membawa hikmah kepada orang yang mendapatkan cobaan tersebut dan akan menjadi pelajaran bagi orang yang ada di sekelilingnya selain itu cobaan itu akan membawa kepada derajat hidup yang lebih tinggi.
Seperti dalam sebuah cerita yang mengisahkan tentang dua orang tetangga yang di beri kado berisi kotoran sapi, reaksi kedua tetangga tersebut akan berbeda,tetangga pertama di beri kotoran sapi sangat bersyukur dan terima kasih karena melihat sawahnya sedang membutuhkan pupuk kandang terjadilah kerukunan bertetangga.
            Tetangga kedua ketika di beri kotoran sapi marah bukan main, karena di anggap sebagai hinaan, terjadilah perang dunia ketiga tetangga pertama yang memiliki good thingking menganggap pemberian itu rizki untuk pupuk yang menyuburkan tanah miliknya. Tetanggga kedua memiliki pikiran negatif pemberian itu di anggap sebagai hinaaan karena memberi kado berupa kotoran sapi.
الله أكبر 3             ولله الحمد
Hadirin jama’ah sholat I’dul fitri yang di mulyakan allah.

3. Rizki harus di cari dengan cara yang suci dan halal.

    Sabda Nabi Muhammad Saw :
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُّبْسَطَ لَهُ فِيْ رِزْقِهِ وَيُنْسَأَلَهُ فِيْ أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Artinya :
Barang siapa yang  ingin di lapangkan rizkinya dan ingin di panjangkan umurnya maka sambunglah persaudaraan .

Maka pada lebaran ini marilah kita sambung persaudaraan kita, berjabatan tangan dan saling maaf memaafkan.
4. Umur, semua manusia tidak ada yang tahu umurnya kapan dan dimana dia meninggal dunia? Jawabnya tidak tahu.
            Umpama Allah memberi umur kepada si fulan 50 tahun, sekarang si fulan sudah umur 45 tahun, berarti si fulan 5 tahun lagi harus meninggal dunia, itu kalau Allah memberi umur kepada si fulan 50 tahun. Ternyata Allah memberi umur kepda si flan hanya 45 tahun lebih dua jam, dan sekarang si fulan sudah umur 45 tahun berarti 2 jam lagi si fulan meninggal dunia .

            Untuk itu marilah umur yang telah di berikan Allah kepada kita ini, kita gunakan dengan sebaik- baiknya beramal sholeh dan mengabdi kepada Allah SWT agar kita menjadi orang yang selamat di dunia dan selamat di akhirat.

Hadirin jama’ah sholat I’dul fitri yang di mulyakan Allah .

Sabda Nabi Isa AS bahwa umur manusia hanya tiga hari.
v  Pertama hari kemarin
v  Kedua  hari sekarang
v  Ketiga hari besok
v  Hari kemarin sudah  dilalui
v  Hari sekarang sedang di lalui
v  Hari besok belum tentu bertemu

Bisa jadi siang hari ini atau  sore hari ini meninggal dunia, karena orang meninggal dunia kapan dan di mana tidak ada yang tahu. Orang  hidup di dunia ini seperti orang yang sedang bepergian istirahat di terminal, maka orang itu tidak lama istirahat di terminal , pasti akan segera meninggalkan terminal itu.
اللهُ أَكْبَرُ 3             وَلِلَّهِ اْلحَمْد

          Demikianlah khutbah yang bisa kami sampaikan,mudah-mudahan bisa menambah iman kita kepada Allah SWT dan mudah –mudahan kita di jadikan orang  yang husnul khotimah .


أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الَّرحْمَنِ الَّرحِيْمِ
قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّي وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّي. بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِيْ اْلقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَ مِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ .
أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُوا اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ إِنَّهُ هُوَ اْلغَفُوْرُ الَّرحِيْمِ .

 

KHUTBAH KEDUA

الله اكبر × 6 الله اكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا. الحمد لله العليم الحليم الغفار,  العظيم القهار, الذي لا تخفي معرفته علي من نظر في بدائع مملكته بعين الاعتبار. وأشهد أن لا اله إلا الله وحده لا شريك له شهادة من شهد بها يفوز في دار القرار. وأشهد أن محمدا عبده ورسوله صلي الله عليه وسلم وعلي آله وأصحابه الطاهرين الأخيار وسلم تسليما كثيرا. أما بعد:
فيا أيها الناس اتقوا الله وأطيعوا الله وأطيعوا الرسول وأولي الأمر منكم إن الله وملائكته يصلون علي النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. اللهم صل وسلم علي سيدنا محمد وعلي آله وصحبه والتابعين وارض عنا معهم برحمتك يا أرحم الراحمين. اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات. اللهم ادفع عنا الغلاء والبلاء والفحشاء والمنكر والجدب والقحط والوباء والسيوف المختلفة والشدائد والمصائب والدين والمرض والمحن والفتن ما ظهر منها وما بطن من بلدنا هذا خاصة ومن بلدان المسلمين عامة انك علي كل شئ قدير. ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين آمنوا ربنا إنك رؤوف رحيم.     

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.




Subscribe to receive free email updates: