Khutbah Idul Fitri Pilihan: Kembali Ke Fitri

Kata9.com- Khutbah Idul Fitri Pilihan kembali ke Fitri (Suci). Setelah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari selama bulan ramadhan


KHUTBAH PERTAMA

الله أكبر- الله أكبر- الله أكبر- الله أكبر- الله أكبر- الله أكبر- الله أكبر- الله أكبر- الله أكبر- الله أكبرخلق الخلق وأحصاهم عددا و كلهم يوم القيامة فردا، الله أكبر عز سلطان ربنا و عم إحسان مولانا، خلق الجن والإنس لعبادته وعنت الوجوه لعظمته وخضعت الخلائق لقدرته.       
الله أكبر عدد ما ذكره الذاكرون، الله أكبر كلما هلل المهللون و كبر المكبرون، الله أكبر ما صام صائم وأفطر، الله أكبر ما تلا قارىء كتبا ربه فتدبر، الله أكبر ما بذل محسن فشكر وابتلى مبتلى فصبر. الله أكبر كبيراو الحمد لله كثيرا وسبحان الله بكوة و أصيلا                                           
الحمد لله رب العلمي و العا قبة للمتقين الحمد لله وفق من شاء لطاعةه فكان سعيهم مشكورا، ثم أجزل لهم العطاء والمثوبة فكان جزاؤهم موفورا، نحمده سبحانه ونشكره و نتوب إليه و نستغفره إنه كان حليماغفورا.                                                                                   وأشهد ألا إله إلا الله وحده لا شريك له يتم بنعمته الصالحات ويجزل بفضله العطيات إنه كان لطيفا خبيرا، و أشهد أن سيدنا ونبينا محمدا عبد الله ورسوله، صلى و صام واجتهد فى عبادة ربه حتى تفطرت قدماه فكان عبدا شكورا، صلى الله وسلم وبارك عليه و على آله الطيبين الطاهرين وعلى أزواجه أمهات المؤ منين وعلى أصحابه أجمعين و التابعين و من تبعهم بإحسان ألى يوم الدين.          الله أكبر- الله أكبر- لا إله إلا الله والله أكبر- الله أكبر ولله الحمد، أما بعد...                            

Kaum Muslimin , jama’ah shalat Idhul Fitri yang berbahagia…
           
Pada pagi hari ini, kita mengumandangkan “takbir”, “tahlil”, dan “tahmid” sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT.


{ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون} البقرة :185                                      

Bersyukur karena setelah berjuang selama sebulan penuh pada Ramadhan, kita kembali mempunyai modal dan potensi itrah seperti sedia kala. Kita telah kembali suci, akal kita… hati kita…dan nurani kita kembali suci…dan inilah karunia yang paling besar dari setiap pemverian Allah kepada kita.Maka pada saat seperti ini, hendknya kita ingat kembali, pada sebuah peristiwa yang paling sacral dalam hidup kita, yaitu saat Allah meniupkan ruh-nya ke dalam jasad  kita…  

{فإذا سويته و نفخت فيه من روحى فقعوا له ساجدين} الحجر : 29                                
“ Maka apabila Aku telah menyempurnakan bentuknya, dan Aku telah meniupkan sebagian dari ruh –Ku ke dalamnya, maka tunduklah kamu dengan bersujud”. (QS.Al Hijr : 29)

            Di sini Allah menegaskan bahwa karena ke-fitrah-an kita, malaikat pun harus tunduk menghormat kepada manusia.Kesucian ruh Allah yang dimasukkan ke dalam jasad kita, menjadikan kita makhluk yang paling berbeda, paling kuat daya nlarnya dan paling tinggi martabatnya dari seluruh ciptaan Allah.Dan keadaan seperti inilah yang sejak pagi hari ini kita peroleh, setelah berjuang melalui puasa rahmat untuk fisik kita, puasa maghfirah untuk jiwa kita.Dan puasa ‘itqun minan nar untuk ruhani kita.

الله أكبر- الله أكبر- الله أكبرو للله الحمد                                                               
Jama’ah shalat ‘ied yang berbahagia…..

Meskipun secara kuantitas, umat Islam adalah kelompok mayoritas di anah air ini, akan tetapi dari segi kualitas…aqidah, syari’ah, mu’amalah dan moralitas yang ada di masyarakat, masih sangat perlu kita tingkatkan.

Sebagai umat Islam, keyakinan kita…aqidah kita tercermin dalam 2 kalimat syahadat:

أشهد أن لا إله إلا الله...وأ شهد أن محمد رسول الله                                                   


“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang haus disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah”.
           
Bahkan setiap hari, setiap shalat 5 waktu, kita selalu berjanji dengan sepenuh hati kepada Allah : “ hanya kepada Mu ya Allah…kami menyembah…dan hanya kepada Mu Ya Allah kami mohon pertolongan”
إياك نعبد وإياك نستعين.....

Tapi ternyata,tidak sedikit orang di sekitar kita, yang apabila menghadapi suatu masalah yang dirasa berat, mereka justru lari kepada selain Allah, apapun istilahnya.Berarti kita tidak konsekuen dengan janji setia yang selalu kita ucapkan.Padahal perbuatan seperti inilah yang amat dimurkai Allah dan dikategorikan sebagai dosa-dosa besar.

Oleh karena itu, mari kita sama-sama menjaga akidah kita, jangan sampai bercampur dengan kemusyrikan, jangan sampai kita mendekati hal-hal yang akan menjerumuskan kita kepada kekufuran.

Apalagi pada masa sekarang ini, banyak sekali aliran-aliran yang jauh menyimpang dari akidah Islam.Mulai dari Ahmadiyah, yaitu kelompok yang tidak mempercayai bahwa Muhammad SAW adalah khatamul anbiya…Nabi yang paling terakhir…ada lagi yang menamakan dirinya Islam Liberal, kelompok yang mengartikan Al-Qur’an hanya berdasarkan rasio belaka.Akal mereka sudah terkontaminasi oleh kebudayaan Barat yang non Islam, sehingga tanpa adanya rasa takut kepada Allah, mereka membuat aturan-aturan yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadits Nabi…Terakhir sebagaimana yang kita dengar, di Palu muncul ajaran Mahdi, yang mencampurkan adat dengan agama.Mereka mengaku Islam tapi tidak menganggap shalat dan puasa Ramadhan sebagai kewajiban.
           
Semua ini tentu sangat membahayakan akidah kita, untuk itu kita semua perlu waspada, jangan sampai ada diantara kita atau keluarga kita atau orang-orang di sekitar yang terbuju k rayu kemudian tergelincir ke dalam kesesatan.

Jama’ah shalat ‘ied’yang berbahagia…
Di sisi yang lain kita perlu bersyukur… selama bulan Ramadhan kemarin, masjid-masjid, musholla…surau…dipenuhi oleh orang-orang yang taraweh, tadarrus,I’tikaf dan lain sebagainya.Mudah-mudahan masjid…musholla dan surau tetap selalu ramai dan penuh oleh orang yang menjalankan ibadah.
Akan tetapi kalau kita perhatikan, ternyata yang mengisi masjid,musholla dan surau tadi banyak didominasi oleh bapak-bapak dn ibu-ibu yang sudah tua.

Sementara para pemuda dan pemudi, adik-adik remaja putra dan putri menjadi semakin menjauh.Ternyata acara di televisi sedemikian menarik, atraktif, sehinggamampu membuat kita lebih mementingkan menonton televisi daripada pergi ke masjid untuk sholat.
           
Hal ini merupakan indikasi bahwa sudah sedemikian longgarnya pendidikan agama di masyarakat kita, sedemikian kaburnya nilai-nilai dan syiar Islam di  masyarakat kita,Bukan mustahil suatu saat nanti bila keadaannya masih seperti ini, kita akan kehilangangenerasi penerus yang tangguh, yang mampumengemban amanat Islam.Boleh jadi Islam hanya tinggal namanya saja…Na’udzu billah min dzalik       
           
Oleh karena itu bapak-bapak ibu-ibu sekalian … mari kita sama-sama meningkatkan perhatian kita terhadap pendidikan anak-anak kita.Dengan tegas Allah berfirman dalam surat At Tahrim ayat 6:
“Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”.


{ياأيهاالذين آمنواقو أنفسكم و أهليكم نارا وقودها الناس والحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا يعصون الله ما أمرهم ويفعلون ما يؤمرون} التحريم :6                                                    

Kaum Muslimin dan Muslimat yang berbahagia …

Di sisi yanglain dari kehidupan masyarakat, kita merasakan sendiri himpitan ekonomi yang semakin sulit, kenaikan harga bahan makanan pokok, sebagai akibat dari kenaikan harga bahan bakar minyak,Sulitnya mencari dan menemukan lapangan pekerjaan, orang-orang tua rela untuk antri berdesakan bahkan sampai mati, demi untuk mendapatkan dana kompensasi BBM…Subhanallah…

الله أكبر-الله أكبر-الله أكبر و لله الحمد                                                                    
Hadirin jamaah shalat Idhul Fitri yang berbahagia…

Sangat penting bagi kita sekarang, adalah berupaya sekuat tenaga untuk membuat kehidupan kita menjadi lebih baik.Kita manfaatkan modal fitrah dan apapun yang kita miliki untuk membangun kehidupan yang lebih layak.

Nabi Yusuf A.S pernah mengingatkan secara keras kepada kaumnya saat terjadi krisis panjang.Sebagaimana digambarkan pada Al-Qur’an surat Yusuf ayat 47:
“Hendaknya kalian menanam selama 7 tahun seperti biasanya.Maka apapun yang kalian panen nantinya, biarkanlah tetap menggantung di bulir-bulirnya, kecuali sedikit saja yang boleh kalian ambil untuk dimakan”.

{قال تزرعون سبع سنين دأبا فما حصدتم فذروه فى سنبله إلاقليلا مماتأكلون} يوسف :47
           
Ini adalah ajaran yang mulia tantang investasi jangka panjang .Sebagai orang beriman kita diperintahkan untuk menyisakan sebagian dari hasil-hasil kita dan mananamkan kembali dalam bentuk asset.Kita harus sadar bahwa kita menjadi miskain karena kita tidak memiliki aset harta.Harta kita ditelan oleh gaya hidup kita yang konsutif dan boros.
           
Maka salah satu solusi yang diajarkan Islam untuk menghadapi masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial adalah membayar zakat.Zakat adalah bentuk kepedulian sosial kita terhadap masyarakat sekitar.Allah SWT mewajibkan zakat fitrah sebagai bentuk pensucian diri bagi orang-orang yang berpuasa darisegala bentuk perbuatan yang sia-sia.
           
Kewajiban membayar zakat ini juga merupakan bukti bahwa umat Islam harus hidup bertoleransi tanpa membedakan status ekonomi, keturunan, pendidikan , sosial dan lain sebagainya.Zakat fitrah yang kita keluarkan di bulan Ramadhan dan sebelum hari raya Idhul Fitri, serta zakat harta yang kita keluarkan pada waktu tertentu adalah amalan untuk menjauhkan kita dari sifat mencintai dunia yang berlebihan “hubbaddunya” dan melupakan hari akherat.

روى البخاري و مسلم و غيرهما عن أبىهريرة رضي الله عنه عن النبى صلى الله عليه وسلم قال من آتاه الله ما لا فلم يؤد زكاته مثل لهيوم القيامة شجا عا أقرع له زبيبتنا يطوقه يوم القيامةثم يأخذ بلهزمتيه يعنى شد قيه ثم يقول أنا مالك أنا كترك ثم تلا رسول الله صلى الله عليه و سلم {ولا يحسبن الذين يبخلون بما آتاهم الله من فضله هو خيرالهم بل هم شر لهم سيطوقون ما بخلوا به يوم القيامة والله ميراث السماوات والأرض واللهبما تعملون خبير}                                               

Hadirin yang berbahagia…

Sungguh sangat sedikit jumlah zakat fitrah dibandingkan dengan harta yang kita miliki, hanya beras 205 kg.Kewajiban malaksanakannya pun hanya setahun sekali…tapi bila masing-masing dari kita sadar akan pentingnya zakat ini bagi kaum fakir miskin…pentingnya semangat keberpihakkan kepada kaum lemah dan tertindas secara ekonomi …maka niscaya pada hari raya Idhul Fitri ini , kita tidak akan mendapati orang yang miskin, orang yang membutuhkan pangan dan lain sebagainya.Semuanya berbagi kebahagiaan di hari fitri “yaumul fitrah””yaumdhiyaafatillah”.

الله أكبر – الله أكبر – الله أكبر ولله الحمد

Sungguh banyak sekali hal yang terjadi di masyarakat perlu kita sadari dan kita antisipasi.Selain masalah akidah, syariah dan masalah ekonomi seperti yang tadi kita sebut, masih banyak lagi hal-hal yang perlu penanganan serius… perlu jalan keluar yang konkret …semuanya menjadi tantangan yang berat bagi kita, masing-masing kita sebagai pribadi, maupun kita sebagai sebuah komunitas muslim.
           
Semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan, kesabaran, dan solusi kepada kita, sehingga kita, keluarga kita dan masyarakat kita senantiasa menjadi pribadi muslim yang baik…dan diridhai Allah SWT.Aamiin.





KHUTBAH KEDUA
الله أكبر- الله أكبر-الله أكبر ولله الحمد                                                 
جعلنا الله و أيا كم من العائدين والفائزين وأدخلناوأياكم فى زمرة العاملين الموحدين،تقب الله منا و منكم أجمعين و الحمدلله رب العالمين.                                                                  
اللهم تقبل منا صلاتنا وصيامنا و قيامناوركوعنا وسجودنا وتخشعنا وتضرعنا وتتم تقصيرنا يا رب العالمين.                                                                                                 
اللهم أعز الإسلام والمسلمين وأذل الشرك و المشركين أعداك أعداءالدين،اللهم اغفر للمؤمنين و المؤمنات و المسلمين و المسلمات وألف بين قلوبهم و أصلح ذات بينهم و انصرهم على عدوك و عدوهم واهدهم سبل السلام اللهم أصلح ولاةأمور المسلمين اللهم وفقهم لتحكيم كتابك و سنة نبيك و العمل بشريعتك،اللهم وفق و لاة أمو رنا لهداك و اجعل عملهم فى رضاك اللهم اجمع بهم كلمة المسلمين على الحق اللهم ارزقهم البطانة الصالحةالتى تعينهمعلى الحق و تذكرهمبه يا رب العالمين ربنا اغفرلنا ولإخواننا الذين سبقون باللإيمان ولا تجعل فى قلوبناغلا للذين آمنوا ربنا منوا ربناإنك رؤوف رحيم ربناآتنا فى الدنيا حسنة وفى الآخرة حسنة وقنا عذاب النار.                              الله أكبر-الله أكبر-الله أكبر                                                                         
لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد.                                                             


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Subscribe to receive free email updates: