7 Keutamaan Fadhilah I'tikaf di Bulan Ramadhan

Keutamaan Fadhilah I'tikaf di Masjid di Bulan Ramadhan menjadi satu amalan yang disunahkan Rasulullah SAW di bulan Ramadhan, apalagi pada 10 hari terakhir. Amalan itu adalah iktikaf. Diceritakan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisiyah r..a Istri Nabi Muhammad SAW bahwa Rasulullah SAW selalu beriktikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Amalan yang sepele, tapi punya keistimewaan yang luar biasa. Meski demikian, nggak banyak orang yang melaksanakannya. Hal itu seperti yang diriwayatka oleh  Bukhori wa Muslim sebagaimana hadis Aisyah radiyallu anhu

كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ   (رواه البخاري، رقم 2026 ومسلم، 1172)

“Biasanya (Nabi sallallahu’alaihi wa sallam) beri'tikaf pada sepuluh malam akhir Ramadan sampai Allah wafatkan. Kemudian istri-istrinya beri'tikaf setelah itu.” (HR. Bukhari, no. 2026 dan Muslim, no. 1172)

Sementara ijmak, telah dinukil bukan hanya seorang ulama tentang ijmak (consensus) dianjurkannya beri'tikaf. Seperti An-Nawawi, Ibnu Qudamah, Syaikhul Islam dan lainnya. Silahkan lihat Al-Majmu, 4/404. Al-Mughni, 4/456 dan Syarh Al-Umdah, 2/711.

7 Keutamaan Fadhilah  I'tikaf di Bulan Ramadhan


I'tikaf di masjid merupakan salah satu kebaikan ayang hukumnya sunnah bukan wajib akan tetapi apabila dia berkeinginan dan bernazar maka hukumnya menjadi wajib dan Rasulullah mengajurkan untuk beri'tikaf di bulan Ramadan  dibandingkan dengan bulan lainnya.

Kalau anda tahu bahwa keutamaan fadhilah iktikaf di masjid pada bulan Ramadhan  menurut Imam Al-Ghazali dan Ibnu Hajar Al-asalani ada tujuh fadhilah iktikaf antara lain sebagai berikut ini

1. Pertama Iktikaf, dapat menjaga dari perbuatan dosa, baik itu dosa yang tanpa kita sadari seperti membicarakan orang lai atau disebut ghibah atau bahasa kerennya disebut ngegosip. Karena perbuatan tersebut salah satu hal yang dapat mengurangi nilai puasa kita di bulan Ramadhan.

2. Kedua, bagi yang melaksanakan iktikaf maka mudah baginya untuk menjalankan ibadah sholat fardhu secara berjamaah. karena ibadah sholatnya akan terjaga ketika ia benar-benar memiliki niatan lurus untuk berdiam diri di masjid.

3. Ketiga, Dengan beriktikaf di masjid maka jiwanya akan terpaut atau senang  pada masjid sehingga kata Rasulullah SAW akan mudah dan istiqomah  untuk melakukan ibadah

4. Keempat, Iktikaff dapat menjadi ladang atau wasilah  dalam mendapatkan lailatul qadar dengan beribadah  karena keberkahan malam tersebut  melebihi kebaikan dari seribu bulan.

5. kelima, orang yang senang beriktikaf maka  mereka akan terbiasa untuk berdo'a berzkir,baca qur'an , qiyamul lail dan berbagai ibadah lainnya.

6. keenam bagi yang gemar beriktikaf maka dirinya akan membentuk sifat sederhana atau zuhud kepada kenikmatan yang ada di dunia ini, bahwa dunia itu sementara dan akherat selamanya.

7. Ketujuh bagi yang suka beriktikaf maka dirinya akan terbiasa untuk selalu bermuhasabah diri kepada Allah dan mengevaluasi setiap hal dan perbuatan setiap harinya.

Saudara kaum muslim yang dicintai oleh Allah SWT, di Bulan Ramadhan ini , marilah kita luangkan waktu untuk beriktikaf , jangan sampai kita meluang-luangkan waktu di 10 hari bulan ramadhan ini untuk hal-hal yang dibenci oleh Allah karena pada 10 hari malam terakhir di Bulan Ramadhan ini terdapat satu malam yang lebih dari dari bulan, dan marilah kita berlomba-lomba untuk meraih ridhanya Allah. Dan jangan sampai malam ini terlewat begitu saja tanpa ada amalan-amalan yang berarti. Iktikaf ini kita jadikan sebagai salah satu metode untuk menggapai malam lailatul qadar, maka penting kiranya untuk berdoa'berzikir, membaca al-qur'an dan lainnya.

Semoga apa yang kita dapatkan di majelis ilmu ini bisa bermanfaat semoga dengan tujuh fadhilah keutamaan beriktikaf dapat menjadikan acuan diri kita untuk selalu maju sehingga mendapatkan keridaan Allah SWT.

Subscribe to receive free email updates: