Niat Shalat Taubat dan Rukun tata Cara Melaksanakannya

Tidak ada orang di Dunia ini yang tak luput dari dosa dan kesalahan karena sesuai dengan sunatullahnya setiap kedipan mata kita, hembusan nafas yang setiap kali kita rasakan nikmatnya ini tak luput dari kesalahan yang tak henti-hentinya



Baik anda sadari maupun tak anda sadari bahwa dosa itu akan menempel dari setiap hamba yang beriman, sehingga ada baiknya setiap hari kita memohon ampunan atas dosa yang telah anda lakukan baik disengaja maupun tanpa disengaja. Dengan cara bertaubat dan shalat taubat


Rasullulah yang sudah dijamin akan masuk surgapun setiap malam melaksanakan shalat taubat ini dan bagaimanapun ia juga seorang manusia biasa.


Bacaan Niat Shalat Taubat


Bagi umat muslim yang sudah terlanjur memmbuat kesalahan  yang teramat banyak rasanya tidak cukup jikalau meminta ampun dengan membaca istigfar saja, salah satu amalan ibadah yang baik bisa dilakukan oleh seorang hamba adalah dengan melakukan ibadah lain seperti Shalat taubat yang dianjurkan untuk dilaksanakan setiap hari dengan waktu yang tidak ditetapkan bisa malam ataupun siang hari.


Dan sebaiknya anda lakukan sebelum tidur atau sebelum anda melaksanakan sholat malam yang lebih utama dan untuk bacaan niat sendiri bisa anda lihat dibawah ini

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin : Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.


Artinya : Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”


Rukun Shalat Taubat dan Tata cara Melaksanakannya


Kemudian untuk rukun shalat taubat sendiri ada 13 rukun yang wajib disertakan dalam pelaksanaannya yaitu dengan tata cara rukun sebagai berikut


Niat Boleh dibaca didalam hati (Rukun)

Berdiri Bagi yang mampu (Rukun)

Membaca Takbiratul Ihram (Rukun) Sunnah mengangkat tangan

Membaca Doa Iftitah (Sunnah)

Membaca Surat Al-Fatihah (Rukun)

Membaca Surat Pendek (Sunnah)

Ruku’ Dengan Tenang (Rukun)

Membaca Doa Ruku’ (Sunnah)

I’Tidal Dengan Tenang (Rukun)

Membaca Doa I’tidal (Sunnah)

Sujud Dengan Tenang (Rukun)

Membaca Doa Sujud (Sunah)

Duduk Diantara Dua Sujud (Rukun)

Doa Duduk Diantara Dua Sujud (Sunnah)

Duduk Tahiyat Akhir (Rukun)

Membaca Doa Tahiyat Akhir (Rukun)

Membaca Sholawat Nabi Muhammad (Rukun)

Salam Pertama / Sebelah Kanan (Rukun)

Salam Sebelah Kiri (Sunah)

Tertib (Rukun)



Anjuran umum untuk melaksanakan Taubat


Allah mengajurkan kepada umat mukmin melakukan taubat setiap hari terhadap apa yang dilakukan, baik yang sengaja maupun tidak sengaja untuk melakukan shalat taubat setiap harinya


sebagaimana yang difirmankan dalam surat An Nur dan An Najm

QS. An Nuur: 10

وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ وَأَنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ حَكِيمٌ

Artinya : “Dan seandainya bukan karena keutamaan dari Allah kepada kalian dan kasih sayang-Nya (niscaya kalian akan binasa). Dan sesungguhnya Allah Maha penerima taubat lagi Maha bijaksana.” (QS. An Nuur: 10)

QS. An Nur: 31

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya : “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An Nur: 31)

QS. An Najm: 32

إِنَّ رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِ

Artinya : “Sesungguhnya Tuhanmu sangat luas ampunannya.” (QS. An Najm: 32)

QS. Al A’raaf: 156

وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ

Artinya : “Rahmat-Ku amat luas meliputi segala sesuatu.” (QS. Al A’raaf: 156)

QS. At Tahrim: 8

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai” (QS. At Tahrim: 8)





Keutamaan Shalat taubat


Sahalat taubat memiliki fadhilah dan keutamaan bagi yang melaksanakannya bagi seorang hamba yang khusus ingin bertaubat dan tidak ingin mengulangi kesalahannya sebagaimana dari hadis rasullullah SAW sebagai berikut


Hadis Yang Pertama

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {تُوْبُوْا إِلَى اللهِ فَإِنِّيْ أَتُوْبُ إلَيْهِ كُلَّ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ}.

Artinya : Nabi saw. bersabda, “Taubatlah kepada Allah, karena sungguh aku bertaubat kepada-Nya setiap hari seratus kali.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Ibnu Umar r.a.

Hadis Yang Ke Dua

قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {التَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لَا ذَنْبَ لَهُ وَالْمُسْتَغْفِرُ مِنَ الذَّنْبِ وَهُوَ مُقِيْمٌ عَلَيْهِ كَالْمُسْتَهْزِىءِ بِرَبِّهِ}.

Artinya : Nabi saw. bersabda, “Orang yang bertaubat dari dosa seperti orang yang tidak ada dosa baginya, dan orang yang meminta ampunan dari dosa namun ia masih melakukan dosa itu, maka ia seperti orang yang menghina Tuhannya.” Hadis mauquf ini diriwayatkan oleh imam Al-Baihaqi dan imam Ibnu ‘Asakir dari sahabat Ibnu ‘Abbas r.a.

Hadis Yang Ke Tiga

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَا مِنْ شَيْءٍ أَحَبُّ إلَى اللهِ تَعَالَى مِنْ شَابٍّ تَائِبٍ وَمَا مِنْ شَيْءٍ أَبْغَضُ إِلَى اللهِ تَعَالَى مِنْ شَيْخٍ مُقِيْمٍ عَلَى مَعَاصِيْهِ}.

Artinya : Nabi saw. bersabda, “Tidak ada yang lebih dicintai oleh Allah ta’ala dari pada pemuda yang taubat dan tidak adalah yang lebih dibenci Allah ta’ala dari pada orang tua yang selalu istiqamah pada kemaksiatan-kemaksiatannya.” Hadis tersebut merupakan potongan hadis riwayat imam Abul Mudhaffar dari sahabat Salman Al-Farisi r.a.

Hadis Yang Ke Empat

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {التَّوْبَةُ تَهْدِمُ الْحَوْبَةَ}.

Artinya : Nabi saw. bersabda, “Taubat itu dapat menghancurkan dosa.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan perawi hadis ini.



Penutup


Demikianlah infortmasi dan penjelasan dari kami terkait dengan niat sholat taubat dan cara melaksanakannya semoga dengan sedikit artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat amin..

Subscribe to receive free email updates: