Amal Orang Kafir vs Orang Muslim

Kata9.com- Kenapa di dunia ini ada orang kafir dan ada orang muslim? Karena agar nanti pada akhirnya hdayah Allah diberikan hanya kepada orang-orang yang mau bekerja keras. Orang yang masing punya iman, walaupun sebesar biji zarah, melakukan kebaikan dimata Allah SWT tetap ternilai sebagai pahala. Karena nikmat yang paling indah adalah nikmat iman dan islam. Dan tidak semua manusia diberi nikmat tersebut. hanya mereka yang dikehendaki oleh Allah SWT yang bisa menerima nur illahi itu.



Oleh Sebab itu, maka ada yang disebut dengan orang muslim dan ada yang disebut pula dengan orang kafir dan begitulah didunia ini seperti layaknya dengan siang dan malam, hitam dan putih, sesat dan benar, dan bagaimana dengan Amalan Orang kafir VS Orang Muslim.

Kali ini kata.com akan membahas tentang amal seseorang, baik itu amalan yang dikerjakan oleh orang kafir maupun amalan yang dikerjakan oleh orang muslim. Nah, mari kita simak satu persatu menurut agama islam bagaimana amalan orang kafir di mata Allah.

Amalan orang kafir di mata Allah tak berharga walaupun sudah melakukan hal-hal yang baik, sebab ia telah melaluikan Allah yakni tidak dikenal maupun tidak disembah dan bagi orang yang telah menyianyiakan  Allah tidak akan mendapatkan manfaat dari Apapun yang telah mereka perbuat. Karena perbuatan mereka hanya diganjar didunia, seperti mendapat pujian dan sanjungan dari manusia lain.

 Allah Subhana Wa ta'alla Sudah berfirman dalam Alqur'an sebagaimana dalam suroh Al-A'raf: 147:

 وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَلِقَاءِ الْآخِرَةِ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ ۚ هَلْ يُجْزَوْنَ إِلَّا مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: "Dan orang-orang yang mendutakan tanda-tanda (kekuasaan) kami dan mendustakan adanya pertemuan akhirat Mereka tidak diberi balasan selain dari apa yang telah mereka kerjakan".  Q.S al-A'raf:147)

Dalam hal ini, yang menjadi pertanyaan besar adalah, mengapa orang-orang kafir malah jutru kaya dari pada orang muslim sendiri. Nah, salah satu jawabannya adalah mereka diberikan kekayaan yang melimpah hanya untuk kesenangan semata atau duniawi.

Justru berbeda dengan orang islam yang melakukan kebaikan  mereka akan mendapatkan balasan dari Allah SWT.  Dan untuk balasan bagi orang yang kafir mereka hanya mendapatkan kesenangan dunia semata dan Allah tidak lagi mau berurusan  dengan orang-orang yang telah mendustakan kebesaran-Nya di akherat kelak.

Aisyah Ra bertanya kepada Rasulullah SAW, " Wahai  Rasulullah SAW, Ibny Juz'an dahulu di masa jahiliyah  selalu menjaga hubungan silaturahim dan memberi makan fakir miskin.

Apakah itu berguna baginya di akherat? Beliau menjawab, "Tidak akan berguna baginya, karena ia tidak pernah mengucapkan 'Ya Allah, ampunilah dosaku di hari pembalasan nanti" HR, Muslim)

Bagaimana dengan Amalan Orang Muslim atau orang yang beriman?
Orientasi  seorang muslim ingin hidupnya bahagia, ingin kehidupannya yang terbaik.  tak hanya sekedar senang  dalam kehidupan dunia, namun kehidupan terbaik dan terpenting abgi seorang muslim adalah kehidupan akherat.

Maka, wajar saja bahwa sangat bertentangan sekali dengan amal orang kafir, orang yang mengikuti petunjuk Allah SWT jika melakukan kebaikan akan menerima baginya ganjaran dari Allah dengan kebaikan. Walaupun sekali lagi, orang itu hanya mempunyai iman sebiji zarah. Seperti yang termaktub dalam Q.S al-Zalzalah ayat 8 sebagaimana berikut:

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Artinya: "Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar zarrah, niscaya ia akan melihat balasaannya."

Sangat perlu kita renungi dan garis bawahi bahwa amal orang yang beriman dengan amal orang kafir itu balasannya sangatlah berbeda.

Semua orang kafir: Semua diberikan di Dunia
Semua orang yang beriman:  Amalnya akan diberikan sebagian di dunia dan sebagian lagi di akherat

Ada yang beberapa tidak diberikan balasannya diduna, namun jangan khawatir balasan yang berlipat-lipat ganda menantimu diakherat dan akan membuatmu bahagia bagi orang-orang muslim yang amalannya tidak dibalas di dunia.

Itulah beberapa hal terkait dengan Amalan  Orang Kafir vs Orang Muslim yang ada di dunia semoga engkau yang masih belum dikayakan jangan putus asa dan pesimis karena balasan orang muslim nantinya akan diberikan di Akherat kelak.



Subscribe to receive free email updates: