Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

Bulan yang dinantikan oleh Rasulullah adalah bulan dzulhijjah, dimana pada 9 hari pertama bulan ini dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan dalam meningkatkan ibadah, mulai dari bersedekah, berisitigfar dan berzikir, menyantuni anak yatim hingga disunahkan untuk berpuasa

Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah
image rom instagram @ercan_akcay_tr


Puasa Bulan Dzulhijjah


Menjelang hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, seorang mulsim disunnahkan untuk melakukan sembilan hari berpuasa dari hari pertama sampai dengan hari raya idul adha, ehingga puasa bulan dzulhijjah memiliki hukum mutahabah atau paling dicintai oleh Rasulullah SAW. Pada tanggal 8 Dzulhijah disebut dengan puasa tarwiyah dan tanggal 9 dzulhijjah disebut dengan Puasa Arafah.

1 Dzulhijjah


Tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari ini, dan umat muslim disunahkan untuk menunaikan ibadah puasa sampai dengan 9 hari, kalau tidak bisa nggak papa, kan hanya puasa sunnah.  Sehingga anda akan mendapatkan beberapa kebaikan dalam berpuasa dzulhijjah.

Puasa Dzulhijjah


Sedangkan  untuk puasa Dzulhijjah sendiri dilakukan seperti puasa sunnah lainnya baik itu puasa senin kamis, puasa daud dan puasa ramadahan, seseorang diwajibkan untuk berniat sebelum melaksanakan ibadah puasa pada bulan dzulhijjah. Nah,  Berikut Hadist yang menyatakan bahwa nabi Muhammad melakukan puasa Dzulhijjah

Hadist Puasa Dzulhijjah


"Bahwa Rasulullah SAW biasanya berpuasa 9 hari Dzulhijah, hari 'Ashuraa', 3 hari setiap bulan yaitu Senin pertama dan 2 Kamis terawal." (HR Abu Daud)

"Rasulullah SAW berkata: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini," (HR At-Tirmidzi).

Sehingga di 9 hari pertama bulan dzulhijjah merupakan bulan yang sangat istimewa  sehingga Rasulluah SAW memperbanyak amalan pada hari-hari menjelang Idul Adha.

Niat Puasa Dzulhijjah


Berikut niat lengkap puasa sunah di bulan Dzulhijjah.

- Puasa Dzulhijjah, 1-7 Dzulhijjah atau 2-8 Agustus 2019

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

"Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala. Saya berniat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'ala."


- Puasa Tarwiyah, 8 Dzulhijjah atau 9 Agustus 2019

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

"Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala. Saya berniat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'ala."


- Puasa Arafah, 9 Dzulhijjah atau 10 Agustus 2019

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Baca Juga Niat Sholat Idul Adha

"Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala. Saya berniat puasa sunah Arafah karena Allah ta'ala."





Subscribe to receive free email updates: