Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil Saat Ramadhan

Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil Saat Ramadhan- Hamil merupakan salah satu krodat yang dimiliki oleh seorang wanita. saya yakin bahwa ibu-ibu yang datang pada pengajian ini semuanya sudah mengalaminya kan? Jikalau ada ibu di pengajian ini belum dikaruniai seorang anak atau belum pernah merasakan kehamilan, mari kita do'akan agar disegerakan merasakan kehamilan dan memiliki anak dikemudian hari, Tapi bagi kaum hawa yang belum memiliki suami, mari kita do'akan agar cepat dipertemukan jodohnya ya! Jangan sampai terburu-buru ya, nanti kayak kambing tetangga saya yang malah hamil diluar nikah. Hamil diluar nikah malah menjadi beban dan cobaan yang berat bagi kaum wanita dan calon si anak kemudian hari. Apalagi jika laki-lakinya tak mau bertanggung jawab atas perbuatannya, yakinlah si cewek akan bakalan pusing, hingga akhirnya si cewek mencelakakan diri sendiri alias bunuh diri atau malah menambah dosa dengan membuang bayi yang telah dilahirkannya. Na'udzubillahimin Dzalik.



Ibu yang Hamil di bulan Ramadhan dengan perkawinan yang syah menurut agama merasa kebingungan antara mau menjalankan puasa ataukah tidak? mereka berpikir kalau seandainya menjalankan puasa malahan nanti ngedrop atau loyo. Mereka akan takut jika kandungannya jadi terganggu, apabila nggak puasa malahan nggak rela kalo harus nyahur hutang puasa dikemudian hari apalagi bulan ramadhan adalah bulan berkah sehingga harus memaksimalkan ibadah.

Puasa di saat Hamil bulan Ramadhan itu pilihan, karena benar-benar harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, apakah kandungannya kuat ataukah malah mengganggu kandungan. Bila badannya nggak mungkin untuk berpuasa, ya sudah nggak berpuasa juga nggak papa kan nggak ada yang larang atau tidak ada larangan. Jika kondisi benar-benar sehat dan prima lebih baik untuk menjalankan puasa karena banyak manfaat puaa bagi kesehatan tubuh dan kandungan, Sebagaimana hadist nabi berikut ini;


صُوْمُوْا تَصِحُّوْا
Artinya:"Puasalah !! maka kalian akan sehat."

Puasa itu memiliki manfaat  yang luar biasa bagi kesehatan, pernyataan akan hadist Nabi tersebut sudah terbukti kebenarannya. Penelitian yang dilakukan oleh ahli medis banyak ditemukan manfaat-manfaat yang melakukan puasa terkhusus bagi ibu hamil. Walaupun saya bukan dari ahli kesehatan atau ahli medis memang harus sedikit tahu terkait manfaat-manfaat puasa bagi  kesehatan yang saya tahu dari membaca adalah sebagai berikut ini:

pertama, puasa dapat membakar lemak yang tidak digunakan dalam tubuh. Lemak yang membuat badan menjadi obesitas atau kelebihan berat bada akan mengganggu dan membahayakan apalagi bagi ibu hamil yang akan melahirkan seorang bayi. Jika seorang berpuasa maka lemak-lemak yang tidak berguna akan dibakar melalui proses pembakaran pada tubuh, dan nantinya insya Allah ibu hamil tidak kawatir lagi akan bahaya obesitas.

Kedua, Puasa akan melancarkan proses detoksifikasi, ibu-ibu pasti tersangdung lidahnya ya! baca "detoksifikasi", maklumlah ibu-ibu ini pasti makannya cuma ikan asin plus sambel trasi. Detoksifikasi merpuakan proses penghilangan atau pembuangan racun yang ada di dalam tubuh, sehingga sewaktu ibu hamil berpuasa untuk menahan lapar dan dahaga  dari imsak sampai terkumandang adzan magrib maka waktu itulah tubuh kita nie, membuang racun-racun yang berbahaya bagi tubuh.


Ketiga, puasa dapat mencegah morning sickness  atau keadaan dimana ibu hamil sering terjadi mual ataupun muntah-muntah di pagi hari, nah jika ibu hamil menjalankan puasa insya Allah gejala-gejala tersebut tidak akan menghantui lagi coba aja deh ibu-ibu hamil berpuasa.

Keempat, puasa dapat menjaga kesehatan kejiwaan dan psikologi, ibu-ibu disini pasti pernah mengalami sensi saat hamil.  Sedikit-sedikit marah yang tidak jelas, suami nggak ngapa-ngapain tahu tahu dimarahin ibu hamil sehingga ibu hamil selain menahan dan mengontrol dari setiap emosi negatif mereka juga harus menahan emosi. Sehingga jika ibu hamil menjalankan puasa maka mereka akan lebih sabar dalam menghadapi suatu perkara.

Kelima, Puasa dapat menyehatkan jantung bagi ibu hamil, jika jantung ibu-ibu pengajian sehat paling tidak dapat memanjangkan umurnya loh. kenapa kok, puasa dapat menyehatkan jantung? ibu-ibu pasti bertanya-tanya kan? pada waktu siang ibu-ibu hamil yang menjalankan puasa pasti kerongkongan kering atau dahaga apalagi pas melihat acara di TV tentag masak-memasak pasti tambah ngiler. Nah, ketika itulah organ tubuh akan mengalami peningkatan kolesterol baik dan mengalami penurunan kolesterol jahat secara alami.

Manfaat yang kami jelaskan diatas cuma manfaat dari segi kesehatan ibu hamil. Jangan sampai berpuasa cuma mengharap kesehatan yang baik, karena yang perlu diharapkan dari berpuasa adalah kemurniaan niat untuk menjadi insan yang bertakwa, bagaimanapun juga diterima ataukah tidak puasa yang ibu-ibu jalankan itu hak preorogatif Allah Semata.

Ibu yang merasakan kehamilan itu sudah berat apalagi akan menjalankan ibadah puasa, pasti pahalanya berlipat ganda loh. Saking beratnya nabi Muhammad SAW memberikan rukhsoh atau keringan bagi ibu hamil untuk membayarnya dikemudian hari seperti yang telah diturunkan pada ayat alQur'an Suroh Al-Baqarah sebagaimana berikut ini:

Ibu hamil harus berkomitmen untuk membayar puasanya bagi yang benar-benar rela untuk tidak menjalankan puasa, kondisi hamil menjadi salah satu kesempatan besar bagi wanita hamil untuk beribadah, karena saati itu berbagai keutamaan diberikan kepadanya. Salah satunya malaikat akan beristigfar bagi ibu hamil sedangkan ibu hamil sendiri tak pernah beristigfar, beruntung sekali mendapatkan istigfar dari para malaikat. Kebayang nggak jika ibu hamil ini akan menjalankan ibadah puasa sehari seperti layaknya dua hari, sehingga ibu hamil itu akan mendapatkan pahal berjihad karena jihad itu tidak juga diartikan dengan perang namun itu hanya arti yang lebih sempit. Untuk artian jihad yang lebih luasnya. anak-anak yang belajr itu adalah berjihad, bapak yang mencari nafkah untuk keluarganya itu berjihad, begitupun ibu hamil itu juga salah satu bentuk jihad, asalkan memiliki niatan positif karena lillahi ta'ala  sudah termasuk dengan jihad.


Subscribe to receive free email updates: