Niat Sholat Idul Adha dan Tata Caranya Lengkap

Kata9.com- Di hari Idul Adha ini, kami akan menginformasikan kepada andaan bacaan niat sholat idul adha dan tata caranya dalam menunaikan ibadah ini. tata cara takbir yang dilakukan seperti halnya sholat idul fitri dengan bacaan sholat pada umumnya.

Niat Sholat Hari Raya Qurban Idul Adha seperti halnya niat pada uunya yang dilakuka dalam hati. Dengan niatan yang ikhlas dan mengharap ridho Allah semata. Jika kurang mantap dalam hati bisa juga di lafadzka bacaannya dengan suara lembut dalam bahasa arab baik anda sebagai makmun ataupun imam. sebagai berikut ini:

Niat Sholat Idul Adha

Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Ma'mum


اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA
 Artinya :
Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Imam


اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA
 Artinya :
Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala


Tata Cara Shalat Ied ( Sholat Hari Raya Idu Fitri dan Idul Adha)


Dilihat dari jumlah Rakaatnya memang antara dua sholat Ied ini sama yaitu dua rakaat dengan beberapa takbir dengan tata caranya sebagai berikut ini:

1. Berniat sebelum melakukan sholat dan dimulai dengan takbiratul Ihrom karena difinisi shalat sendiri adalah Dibuka dengan takbiratul ihram di tutup dengan salam dengan beberapa persyaratan khusus.

2.  Setelah anda takbir, maka tidak serta merta langsung bacaan alfatihah melainkan harus bertakbir sebanyak 7 kali. Lantas apa bacaannya ketika  bertakbir. Anda dapat membaca bacaan ini yang diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA  LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR. ALLAHUMMAGHFIRLII WAR HAMNII
 Artinya :
Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.


3. Setelah anda takbir sebanyak 7 kali pada rokaat pertama dengan bacaan diatas, setelah itu dilanjutkan dengan bacaan Al-Fatihah  dan dilanjutkan dengan bacaan lainnya atau surat pendek dan Nabi Shollohu 'alihi wa Sallam menganjurkan membaca  Surat Qaaf pada rakaat pertama dan raka'at kedua membaca surah Qomar

Boleh juga membaca surat Al A’laa pada raka’at pertama dan surat Al Ghosiyah pada raka’at kedua. Dan jika hari ‘ied jatuh pada hari Jum’at, dianjurkan pula membaca surat Al A’laa pada raka’at pertama dan surat Al Ghosiyah pada raka’at kedua


4. Kemudian setelah membaca bacaan surat tadi lanjut seperti sholat biasa rukuk, i'tidal, sujud dan seterusnya.

5. Kemudian kembali bangkit di rakaat kedua dengan membaca takbir sebanyak lima kali dilanjutkan bacaan al fatihah  dan seterusnya hingga salam.


Nah Demikianlah bacaan niat sholat 'ied idul adha dan tata cara sholat 'ied lengkap, jika kerabat anda belum mengetahui silahkan anda sharekan ya...

Subscribe to receive free email updates: